Catatan Ringan, Code & SEO

Tempat ide dan cerita

Workflow Install SSL Letsencrypt di Heliohost

April 16, 2020 — Eka

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya 3 bulan yang lalu saya membuat secara manual sertifikat letsencrypt untuk subdomain dari tanjiro.heliohost.org. Pihak heliohost sendiri sudah membuat wiki cara mendapatkan ssl gratis letsencrypt untuk di install dicpanel mereka.

Caranya adalah dengan menggunakan zerossl.com sebagai perantaranya, menggunakan verifikasi manual karena kita cuma numpang subdomain heliohost.org. Cara verifikasinya dengan mengupload file verifikasi di folder .well-known/acme setelah berhasil nanti zerossl akan menggenerate csr, key dan crt yang diupload dibagian manage ssl (khusus cpanel).


Seminggu berlalu setelah sertifikatnya expired, saya coba buka web zerossl.com lagi, tapi mungkin karena servernya bermasalah, saya tidak bisa menggenerate sertifikat baru.

Akhirnya saya menggunakan sslforfree.com, prosesnya sama persis dengan zerossl.com dan jika kita mendaftar dilayanannya nanti seminggu sebelum sertifikatnya expired akan diemail di akun yang telah didaftarkan.

Rangkuman Workflownya untuk install sertifikat baru

  • Buka zerossl.com/freessl.com dan masukkan nama subdomain heliohost.org
  • upload file verifikasi yang diberikan di folder yang telah ditentukan
  • Buka cpanel heliohost.org dan pilih menu SSL > Manage SSL
  • Pilih domain yang akan diinstall sertifikatnya
  • Masukkan kode hasil generate yang diberikan oleh zerossl.com/freessl.com
  • Klik install sertifikat
  • Sertifikat dari letsencrypt akan life minimal 2 jam setelah diinstall (menurut pihak heliohost.org)

Untuk update sertifikat setelah 3 bulan, mungkin caranya hampir sama, tinggal verifikasi ulang dengan upload file, trus update kode cert, srt yang diberikan.

Baca juga :

https://putraeka.org/cari-sewa-bus-semarang-harga-terbaik.html

Tags: server, ssl